TRANSLATOR

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
News Update :

QUBUR ADALAH TEMPAT YANG PERTAMA KALI DARI TEMPAT-TEMPAT AKHERAT

Selasa, 14 Februari 2012

Assalamualaikum wr wb



"Sesungguhnya kubur itu tempat yang pertama kali dari tempat-tempat akherat. Maka jika selamat di kubur,niscaya yang sesudahnya lebih mudah darinya. Tetapi jika tidak selamat di kubur, maka yang sesudahnya lebih susah darinya".

Berkata Utsman bin 'Affan (yang meriwayatkan hadits ini): Rasulullah SAW telah bersabda: "Sama sekali aku tidak pernah melihat sebuah pemandangan (yang sangat menakutkan) melainkan kubur lebih menakutkan lagi darinya".

(Hadits shahih riwayat Tirmidziy,Ibnu Majah, ia berkata: "adalah utsman bin 'Affan apabila berhenti di sebuah kubur ia menangis sampai air matanya mengalir di janggutnya. Maka dia di tanya: Kamu menyebut surga dan neraka dan kamu tidak menangis, dan kamu menangis karena ini?".
Jawab Utsman: "Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda (kemudian ia menyebutkan hadits diatas)".

Hadits yg mulia ini telah memberikan pelajaran yang sangat berharga kepada kita, untuk dunia dan akherat kita, diantaranya:

  1. Adanya azab dan nikmat kubur.
  2. Bahwa kubur adalah pertama kali tempat dari tempat-tempat akhirat.
  3. Bahwa kubur merupakan penentuan bagi seorang hamba. Jika selamat di kubur merupakan,maka selamatlah dia dalam menempuh perjalanan selanjutnya. Akan tetapi jika di kubur dia sudah tdk selamat, maka celakalah dan susahlah dia dalam menempuh perjalanan selanjutnya.
  4. Keutamaan menangis mengingat azab kubur dan huru-hara yang terjadi di dalamnya.
  5. Sangat takutnya Utsman bin 'Affan terhadap kubur padahal beliau telah di jamin masuk surga oleh Rasulullah SAW, bagaimanakah dengan kita!?
  6. himpitan keadaan didlm kubur lebih sangat menakutkan dari yg paling menakutkan sebagaimana diberitakan oleh Nabi kita yg mulia Shallallahu 'alaihi wa sallam.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Berikan Komentar Anda untuk membantu perbaikan. Atau jika anda ingin berdikusi di sini.

 

© Copyright X-9 Moeslim SMANSAPA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by My-Axes | Powered by Blogger.com.