TRANSLATOR

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
News Update :

SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW

Rabu, 15 Februari 2012


Assalamualaikum wr wb

Hai gimana kabar rekan-rekan semua? Semoga kalian dalam keadaan sehat wal’afiat. Amin.
Berhubung ini masih dalam suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, maka saya (kami) ingin memberikan artikel yang sudah kami buat tentang sejarah Nabi Muhammad sejak kecil hingga menikah.

1.Kondisi Makkah Sebelum Islam dibawa oleh Nabi Muhammad
                Rekan-rekan pembaca, sebelum Islam diperkenalkan oleh Nabi Muhammad, kondisi masyarakat Makkah masih Jahilliyah. Mereka percaya bahwa Allah itu Tuhan, namun mereka juga mendewakan berhala sebagai Tuhan. Mereka menganggap bahwa Allah itu Tuhan Jauh, sedangkan Berhala itu Tuhan dekat. Mereka percaya bahwa berhala-berhala yang mereka dewakan bisa mengabulkan segala keinginan mereka (Kepercayaan Wasaniyah). Hukum yang berlaku pada masa itu adalah hukum Rimba (Yang kuat menang dan berkuasa, yang lemah kalah). Kebiasaan yang sering dilakukan adalah berjudi, minum-minuman keras, mencuri, berzina, dan merampok. Naudzubillahimindzallik.

2.Masa Kelahiran Nabi Muhammad SAW
                Tahukah kalian? Nabi Muhammad dilahirkan di kota Makkah tepatnya di perkampungan mana hayo??? Ada yang tahu?? Bagi yang belum tahu, Nabi Muhammad lahir di perkampungan Ma’la. Beliau lahir pada hari Senin, tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah (20 April 571 Masehi). Yang sekarang ini kita peringati sebagai perayaan Maulid Nabi. Ibunya bernama Aminah binti wahhab dan ayahnya bernama Abdullah yang meninggal saat Nabi Muhammad dalam kandungan ibunya 3 bulan.
                Nama “Muhammad” diberikan oleh kakeknya, Abdul Muthollib, yang artinya orang yang terpuji atau dipuji. Allah sendiri memberi nama “Ahmad” yang artinya orang yang lebih terpuji. SUBHANALLAH. Itu berarti Nabi Muhammad sebagai nabi terakhir merupakan Manusia Pujaan baik karena sifat-sifat dan kelakuannya, maupun kebenaran agama yang dibawanya tanpa cela. Beliau juga diberi julukan Al-Amin yang artinya “yang dipercaya”. Betul banget dech.
                Meskipun Muhammad lahir di tengah masyarakat jahilliyah, Nabi Muhammad tetap terbimbing dan terpelihara dari perbuatan buruk dan syirik atas bimbingan dan hidayah Allah.
                Oh ya…Kenapa tahun kelahiran Nabi Muhammad disebut tahun gajah ya?? Emmm, Yup….Karena pada saat itu ada peristiwa penting yaitu serbuan pasukan gajah yang dipimpin oleh Abrahah dari Yaman dengan tujuan untuk menghancurkan Ka’bah.
                Abrahah iri dengan bangsa Arab yang memiliki Ka’bah. Dia memperhatikan betapa bangsa Arab memuliakan negeri Makkah karena Ka’bah tersebut. Oleh karena itu, dia berpikir untuk mendirikan bangunan yang mirip dengan Ka’bah namun dengan ukuran yang lebih besar dan menyeru bangsa Arab untuk berkunjung ke tempat itu. Lalu didirikanlah gereja dan dianjurkannya agar bangsa Arab mengerjakan haji di sana. Tetapi anjurannya menimbulkan amarah besar di kalangan bangsa Arab.
                Sebelum tentara bergajah memasuki Makkah, mereka berhenti tidak jauh dari Makkah. Yang berkuasa pada masa itu di Makkah adalah Abdul Mutholib Ibnu Hasyim, kakek dari Nabi Muhammad SAW.  Hebat ya kakek Nabi. Ketika Abdul Mutholib tahu Abrahah benar-benar akan meruntuhkan Ka’bah, Beliau berdoa kepada Allah SWT, semoga Allah melindungi Ka’bah dari serangan raja Abrahah dan tentaranya. Dan Allah mengabulkan doanya.
                Abrahah dihancurkan oleh Allah dengan lemparan batu-batu sijjil (Batu yang diambil dari neraka yang dibawa oleh rombongan burung ababil dan dijatuhkan di angkasa). Peristiwa itu terabadikan di dalam surah Al-Fiil ayat 1-5.
óOs9r& ts? y#øx. Ÿ@yèsù y7/u É=»ptõ¾r'Î/ È@Ïÿø9$# ÇÊÈ   óOs9r& ö@yèøgs ö/èfyøŠx. Îû 9@Î=ôÒs? ÇËÈ   Ÿ@yör&ur öNÍköŽn=tã #·ŽösÛ Ÿ@Î/$t/r& ÇÌÈ   NÎgÏBös? ;ou$yÚÏt¿2 `ÏiB 9@ŠÅdÚÅ ÇÍÈ   öNßgn=yèpgmú 7#óÁyèx. ¥Aqà2ù'¨B ÇÎÈ  
1. Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah[1601]?
2. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia?
3. dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong,
4. yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar,
5. lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

[1601] Yang dimaksud dengan tentara bergajah ialah tentara yang dipimpin oleh Abrahah Gubernur Yaman yang hendak menghancurkan Ka'bah. sebelum masuk ke kota Mekah tentara tersebut diserang burung-burung yang melemparinya dengan batu-batu kecil sehingga mereka musnah.

3.Muhammad dalam Asuhan Halimah As-Sa’diyah
Setiap bayi yang dilahirkan disusukan kepada orang lain. Ini adalah tradisi orang arab. Maka Nabi Muhammad disusukan kepada orang lain yaitu Halimah As-Sa’diyah.
                Awalnya Halimah enggan untuk menyusui Nabi Muhammad karena Muhammad lahir dari keluarga yatim dan miskin. Biasanya yang menyusui ingin mendapatkan upah tinggi dan mencari anak yang terlahir dari keluarga kaya. Namun, akhirnya Halimah mau menerima Muhammad sebagai bayi susuannya.
                Setelah beberapa lama kemudian Muhammad hidup dalam keluarga Halimah As-Sa’diyah. Kehidupan Halimah menjadi lebih bahagia dari sebelumnya. Ternak peliharaannya menjadi gemuk-gemuk dan banyak menghasilkan susu perahan. Subhanallah.
                Setelah 2 tahun menyusui, Halimah mengembalikan Muhammad ke keluarganya. Namun saat itu di Makkah sedang terjangkit wabah penyakit yang membahayakan. Sehingga Nabi Muhammad dibawa kembali ke rumah Halimah sampai Muhammad berusia 4 tahun.

4.Meninggalnya Aminah
                Ketika Nabi Muhammad berusia 6 tahun, Aminah mengajak Nabi Muhammad yang ke Yastrib untuk mengunjungi kerabatnya dan menziarahi kubur suaminya.
                Dalam perjalanan pulang, saat sampai di desa Abwa, Aminah jatuh sakit dan akhirnya berpulang ke Rahmatullah (Meninggal). Jenazahnya dimakamkan di desa Abwa.

5.Muhammad dalam Asuhan Abdul Mutholib
                Abdul Mutholib sangat sayang kepada Nabi Muhammad seperti rasa sayang kepada putranya sendiri. Namun, Abdul Mutholib hanya sempat member kasih saying kepada Nabi Muhammad selama 2 tahun. Beliau meninggal saat berumur 80 tahun.

6.Muhammad dalam Asuhan Abu Tholib
                Setelah Abdul Mutholib wafat, Muhammad diasuh oleh Abu Tholib. Abu Thalib sangat menyayangi Nabi Muhammad sampai melebihi putranya sendiri.
                Nabi sering membantu pamannya saat bekerja bahkan ikut membantu kehidupan ekonomi pamannya dengan cara mengambil upah dari menggembalakan kambing milik penduduk Makkah dan ikut berdagang. Abu thalib mengasuh dan melindungi Nabi Muhammad hingga Muhammad diangkat menjadi Rasul.
                Orang-orang Quraisy memusuhi Nabi pada awal Islam, namun tidak berani menyakiti Nabi karena takut dan segan kepada Abu Thalib.
                Saat Nabi berusia 20 tahun terjadi perang Fijar antara suku Quraisy dan suku Hawazin. Penyebabnya yaitu pelecehan bulan Haram yaitu bulan Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram, dan Rajab. Akibatnya, Ka’bah tidak lagi ramai dikunjungi orang dan itu sangat mempengaruhi ekonomi masyarakat Makkah. Melihat kondisi seperti itu, Nabi Muhammad mempunyai inisiatif untuk mendirikan Hilful Fudhul (perjanjian membela kebenaran) yaitu lembaga yang bertujuan untuk membantu orang miskin dan orang-orang yang teraniaya.

7.Nabi Muhammad Berkeluarga
                Memasuki usia 25 tahun, Muhammad mendapat kepercayaan membawa dagangan seorang wanita janda kaya raya, Khodijah binti Khuwailid ke negeri Syam (Syiria). Muhammad didampingi oleh Maisarah. Pertemuan pertama dengan Muhammad telah menumbuhkan simpati hati Khodijah setelah mengetahui akhlak dan kepribadiannya yang berdampak hasil perdagangan ke negeri Syam melebihi perkiraan.
                Khodijah saat berumur 40 tahun melamar Nabi Muhammad melalui Maisarah dan Nufasah, teman dekatnya. Lamaran itu diterima oleh Nabi Muhammad. Mereka pun menikah. Hasil pernikahan dengan Siti Khodijah dikaruniai 6 orang anak (2 putra, 4 putri) bernama : Al-Qosim , Abdullah , Zainab , Ruqayah , Ummu Kalsum ,dan Fatimah.
Itulah sejarah Nabi mulai dari lahir hingga menikah. Terimakasih telah bersedia membaca artikel kami. Update terus info dari kami.

Wassalamualaikum wr wb

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Berikan Komentar Anda untuk membantu perbaikan. Atau jika anda ingin berdikusi di sini.

 

© Copyright X-9 Moeslim SMANSAPA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by My-Axes | Powered by Blogger.com.